Rabu, 18 Mei 2011

HIKMAH PENYAKIT

Dalam pandangan pengobatan Islam ada 3 tujuan utama ( hikmah ) mengapa Allah SWT menimpakan penyakit pada seeorang, yaitu Penghapusan dosa, Rahmat dan Peningkatan Derajad Ketaqwaan; Memberi Keinsyafan ; Kutukan Allah SWT.

" Barang siapa yang datang dengan membawa kejahatan, maka tidaklah diberi kejahatan kepada orang yang mengerjakan kejahatan itu melainkan seimbang dengan apa yang dahulu mereka kerjakan ( diperlihatkan kesalahan masa lalu dengan peringatan ). ( Al Qur'an surah 28:84 ).

1. Penghapusan Dosa, Rahmat dan Peningkatan Derajad Ketaqwaan.
·       Penghapusan Dosa. Sakit yang menimpa seseorang yang berdosa merupakan penghapusan dosa untuknya apabila dia bersabar. Alangkah sia-sianya jika telah tertimpa sakit, akan tetapi pandangan kita terhadap sakit itu tidak benar, sehingga menghilangkan kesabaran dan kesadaran kita, bahwa Allah Maha Penyembuh. Allah Maha Pengasih. Allah Maha Penyayang. Dosa tidak terhapus oleh sakit yang menimpa, dan semakin jauh dari Allah.
·       Rahmat. Sakit bagi orang yang tak berdosa merupakan Rahmat dan Ujian / Peningkatan derajad ketaqwaan di sisi Allah SWT. Tingkatan ujian dalam bentuk Isyarat, Peringatan, Musibah, Azab Allah, Laknatullah. Sedangkan macam ujian berupa Ketakutan, Kelaparan, Kekurangan Harta, Kekurangan Jiwa (sakit), Buah-buahan, dsb.

2. Memberi Keinsyafan ( Taubatan Nasukha )
·       Sesetengah orang akan insyaf ( bertaubat ) apabila ditimpa sakit. Dia sadar dan insyaf bahwa hakikat sakitnya adalah karena dosa-dosanya. Dia sabar dan ridho dengan ketentuan Allah SWT. Kalau mati pada waktu itu, insya Allah dia mati dalam keadaan khusnul khotimah. Kalau dia sembuh, dia insyaf, taubat, itulah rahmat untuknya.

3. Kutukan Allah SWT
·       Apabila Allah sudah murka pada seseorang itu, maka diazabnya di dunia lagi sebelum di akhirat. Biasanya kalau seseorang itu ditimpa sakit yang ada hubungannya dengan kutukan Allah SWT, susah hendak sembuh. Tanda orang tersebut apabila ditimpa sakit, baik sudah sembuh maupun sedang sakit, dia akan bertambah jahat. Bertambah lupa dengan Allah SWT. Imannya semakin rusak dan syariat makin diabaikan. Itulah kutukan dari Allah SWT. Kebanyakan ketegori golongan ini, mereka mati dalam kehinaan / suul khotimah.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates