Rabu, 18 Mei 2011

KESEIMBANGAN KUNCI KESEHATAN

Dalam berbagai hal, ketidakseimbangan selalu menimbulkan permasalahan. Terlebih dalam dunia kesehatan. Dalam prinsip pengobatan islam, keseimbangan kejiwaan dan fisik mutlak harus tercapai dan selalu dijaga. Al-Qur'an dan Al-Hadits telah memberikan landasan yang sempurna sebagai berikut .

Keseimbangan Kejiwaan
" Dan kami turunkan Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." ( Al Isra' : 82 )
" Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Al Baqoroh :153 )
" Dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." ( Ar Ra'du : 28 )
" Perumpamaan orang yang berzikir kepada Rabbnya dan yang tidak, seumpama orang hidup dan orang mati." ( HR. Muslim )
" Tiada amal perbuatan anak Adam yang lebih menyelamatkannya dari azab Allah selain dari pada dzikrullah." ( HR. Ahmad )
" Barang siapa yang berpuasa ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu." ( HR.Bukhari )
" Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah shodaqohnya." (HR. Ahmad )

Keseimbangan Fisik
Pola Hidup :" Makan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan ." ( Al A'raf : 31 )
Herbal : " Dari perut lebah itu keluarlah minuman ( madu ) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia." (An Nahl :69 )
Jenis bahan yang tidak diperbolehkan untuk dijadikan obat :"Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai,darah,daging babi dan hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah." ( Al Baqarah : 173 )
"Tidak ada bejana yang diisikan oleh anak Adam yang lebih keji selain dari perut, cukuplah bagi anak Adam dengan beberapa suapan saja untuk menegakkan tulang tsulbinya (rusuk), sekira ia terpaksa melakukannya, 1/3 buat makanan, 1/3 buat minuman, 1/3 buat nafasnya." (HR.Tirmidzi)
" Istirahatnya jasmani itu dengan sedikit makanan, istirahatnya ruh itu dengan sedikit dosa-dosa, dan istirahatnya lidah itu dengan sedikit bicara." ( Tsabit bin Qurrah )
"Barang siapa yang ingin sehat jasmaninya hendaknya mengurangi makan dan minumnya, dan barangsiapa ingin sehat hatinya hendaknya meninggalkan perbuatan dosa." (Hikmah )
Herbal dan Bekam :" Kesembuhan itu ada dalam 3 perkara, yaitu minum madu, berbekam, dan kay dengan api. Dan aku melarang umatku dari kay." ( HR.Ibnu Abbas )
Air putih, dan jenis-jenis herbal untuk obat :" Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami telah mencurahkan air ( dari langit ), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya , lalu kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran,zaitun dan pohon kurma, kebun-kebun yang lebat, dan buah-buahan, serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu ( kesehatanmu ) dan untuk binatang-binatang ternakmu." ( QS. 'Abasa : 24-32 )
Kesimpulan
Untuk menjaga keseimbangan kejiwaan ( spiritual, mental dan emosi ) antara lain : Sabar, Shodaqoh, Tilawah, Dzikrullah, Shaum, Qiyyamu lail, dll )
Untuk menjaga keseimbangan fisik / jasmani, makan dan minumlah yang halal, thoyyib, dan alami ( tanpa bahan kimia sintetis), tidur yang cukup, suplai oksigen yang maksimal, bekam/hijamah, terapi syar'i yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates